Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar

Cara Menulis ArtikelArtikel merupakan karangan pendek, berkisar antara 300 hingga 1. 000 kata, yang mangulas tema tertentu yang diperuntukan buat mengantarkan benak terhadap suatu kenyataan, baik berbentuk kenyataan, konsep ataupun komentar tertentu.



Gimana cara menulis artikel dengan baik?( Pula terdapat banyak persoalan tentang gimana cara menulis/ membuat artikel di web, cara menulis artikel ilmiah, cara menulis artikel di koran, dll).


Hmm… sesungguhnya menulis artikel dasarnya sama( tercantum artikel yang banyak ditanyakan di atas). Satu perihal yang butuh dicermati dalam menulis artikel merupakan Tipe artikel apa yang mau kamu tulis. Apabila kamu tidak ketahui tipe artikel apa yang kamu tulis, susah diharapkan artikel kamu hendak sukses menarik atensi baca sebab artikel kamu belum jelas formatnya.


Nah, dalam sajian hangat kali ini aku hendak bantu kamu menarangkan cara membuat seluruh tipe artikel berikut aku paparkan contohnya di hadapan kamu.


2 Tipe Penulisan


Sebab tulisan ini lumayan panjang, kamu wajib tabah membacanya. Rilekskan badan kamu. Tarik napas dalam dalam melalui hidung…. keluarkan pelan- pelan melalui mulut… tarik napas lagi… keluarkan lagi… Yup, ayo kita baca serta ikuti bersama🙂


Langkah- langkah Menulis Artikel Secara Umum


Secara garis besar, langkah- langkah menulis artikel bisa kita untuk jadi 5 poin berarti berikut ini:


Tentukan Tema. Tema haruslah khusus. Terus menjadi khusus terus menjadi menarik atensi baca.


Tetapkan Tujuan penyusunan. Mayoritas artikel, terlebih dalam artikel tipe deskripsi serta narasi, tidak melaporkan tujuan penyusunan secara tersurat, melainkan tersirat.


Rumuskan ilham pokok ataupun permasalahan. Umumnya formulasi permasalahan dalam wujud persoalan. Cuma saja dalam penyusunan artikel deskripsi serta narasi, rumusan perkaranya tidak tersurat tetapi tersembunyi dibalik alur tulisan( Nanti aku jelaskan dengan contoh di dasar).


Kembangkan tema serta ulasan cocok dengan tipe artikel( Penjabaran lebih lanjut aku uraikan dibawah)


Buatlah kesimpulan. Kesimpulan bikinnya gampang. Kamu dapat buatnya dengan baik apabila logika ataupun alur artikel kamu benar.


Demikian langkah- langkah penyusunan artikel secara universal. Sebaliknya langkah- langkah rincinya wajib kamu sesuaikan dengan wujud ataupun tipe artikel yang mau kamu tulis. Karena masing- masing wujud ataupun tipe artikel mempunyai cara penyusunan berbeda.


Berikut ini aku hendak jelaskan cara penyusunan tiap- tiap wujud ataupun tipe artikel beserta contohnya.


Artikel Deskripsi


Artikel deskripsi merupakan karangan yang bertujuan buat menulis cerminan sesuatu kenyataan sehingga pembaca bisa membayangkannya di dalam benak. Aku lebih suka menjulukinya selaku artikel foto. Karena seratus persen artikel ini berisi cerminan kondisi, peristiwa, kejadian.


  • Cara Penyusunan Artikel Deskripsi
  • Tentukan objek, baik berbentuk kondisi ataupun konsep yang ingin dideskripsikan
  • Tentukan pula tujuan penyusunan( tersirat).
  • Tentukan rumusan ilham pokok( tersirat).


Kembangkan tulisan jadi urut- urutan. Apakah bersumber pada urutan waktu: pagi- siang- sore; ataupun urutan jam 1, jam 2, jam 3; ataupun urutan tahun: tahun 2000, tahun 2003, tahun 2005; ataupun memakai urutan tempat: dari pinggir ke tengah; dari pangkal ke ujung; ataupun kita mau mengenakan urutan kepentingan: dari yang sangat berarti, berarti ke yang kurang berarti.


Tutup dengan paragraf yang merumuskan obyek yang dideskripsikan.


Contoh artikel bisa kamu amati disini.


Oya, penulis artikel deskripsi pada contoh di atas memakai metode pengembangan bersumber pada urutan tempat. Penulis menggambarkan pengalamannya kala tamasya ke Tepi laut Pulau Datuk. Ia menggambarkan indahnya ekspedisi di tepi laut itu dari dini hingga akhir ekspedisi secara runut. Sang penulis mau Kamu( pembaca) memandang, merasakan, hadapi apa yang dia rasakan serta natural.


Ketentuan sukses membuat artikel deskripsi merupakan, awal: kian banyak indera yang kita libatkan kian baik sebab pembaca hendak bisa merasakan, membayangkan apalagi turut hadapi apa yang kita deskripsikan. Dari contoh artikel di atas misalnya pada judul: Semburat Senja… Sang penulis mau kita memandang senja serta panorama alam di Tepi laut Pulau Datuk.


Kedua, jangan masukkan opini ataupun komentar kamu kedalam artikel. Dasar artikel deskripsi merupakan MENGGAMBAR ataupun MELUKIS, jadi foto serta lukislah apa terdapatnya, pure alias murni mengajak pembaca buat memandang kondisi ataupun realita ataupun pengalaman yang kamu rasakan serta natural.


Artikel Narasi


Artikel tipe ini diperuntukan buat menggambarkan sesuatu kondisi ataupun suasana, baik bersumber pada urutan waktu ataupun urutan peristiwa. Aku lebih suka menamainya selaku artikel cerita.


Ya, semacam cerita( novel, cerpen, novel, dongeng, film, drama, dll), dalam artikel narasi wajib terdapat penokohan, semacam dalam cerita pada biasanya. Si tokoh ditafsirkan selaku wujud yang bergulat dengan permasalahan serta berkonflik dengan kehidupan. Serta dia berupaya memenangkan pergulatan tersebut. Terdapatnya konflik kehidupan membuat tulisan tipe ini menarik atensi baca. Karena apabila tidak terdapat konflik, hingga suatu narasi hendak jadi hambar.


Cara penyusunan artikel narasi


Tentukan tema.


Tentukan tujuan( tersirat).


Tentukan rumusan ilham pokok( tersirat).


Kembangkan tulisan dengan membuat alur cerita: dini– tengah– akhir. Bagian dini buatlah pembukaan yang menarik; bagian tengah gambarkan pergulatan hidup si tokoh hingga pada puncak konflik alias klimaks; pada bagian akhir sudahi dengan anti klimaks serta ending.


Sehabis itu, buatlah anti klimaks selaku penutup.


Contoh artikel ini bisa dilihat disini.


Ketentuan sukses menulis artikel narasi merupakan pada keahlian kita menyajikan konflik yang dirasakan tokoh cerita serta gimana si tokoh menyikapi permasalahan itu dengan triknya sendiri. Kian hebat konflik, kian hebat perilaku si tokoh, kian menarik artikel tersebut.


Oya, dalam menulis narasi, kita( penulis) boleh menyisipkan opini ataupun pesan yang tercantum di dalam cerita. Cuma saja opini ataupun pesan tersemat, tersirat, tidak tersurat. Pesan cerita menyatu di dalam alur cerita serta tidak diumbar secara fulgar semacam artikel argumentasi. Semacam contoh pada tulisan biografi Ir. Soekarno di atas, pesan di dalam artikel menyiratkan: perjuangan tanpa tahu letih mencapai serta mempertahankan kemerdekaan.


Contoh artikel narasi menarik yang lain silakan kamu baca: Chef Juna, Nyaris Tewas Tertembak di Kepala. Bacalah artikel itu dengan baik, kamu hendak merasakan kerasnya kehidupan si chef serta gigih perilakunya dalam mencapai apa yang ia impikan.


Artikel Eksposisi


Ertikel tipe ini ialah karangan yang bertujuan buat menguraikan sesuatu topik. Bisa berbentuk penjelasan tentang definisi, guna, bagian serta khasiat sesuatu konsep. Bisa pula berbentuk langkah, cara ataupun proses mengerjakan suatu. Aku lebih suka menyebutnya selaku artikel pameran.


Aku sebut artikel pameran karena karakteristik khas artikel ini merupakan memamerkan poin- poin, urut- urutan angka, sesi demi sesi langkah, menjajarkan definisi, dll. Terkadang ada faktor opini individu dalam artikel tipe ini, terkadang tidak( paling utama pada penjabaran definis ilmiah).


Cara Penyusunan Artikel Eksposisi


Tentukan tema.


Tentukan tujuan( tersurat).


Tentukan rumusan ilham pokok( tersurat).


Kembangkan tulisan cocok tujuan. Apabila karangan diperuntukan buat menarangkan penafsiran, hingga kembangkan karangan dengan menyajikan informasi serta kenyataan buat memantapkan definisi ataupun proses. Apabila kamu mau menarangkan cara, buatlah tahapan- tahapan dari dini hingga akhir secara sistematis. Apabila kamu mau menarangkan khasiat, buatlah khasiatnya satu persatu. Serta apabila karangan diperuntukan buat menarangkan proses, hingga detilkan prosesnya.


Bagikan kesimpulan


Contoh artikel ini bisa kamu temukan bertebaran di internet yang berkenaan dengan: definisi, guna, khasiat, kedudukan, ataupun artikel yang berisi panduan melaksanakan suatu alias How To. Contoh artikelnya silakan amati disini. Tipe tulisan pada contoh ini merupakan berjenis How To, ialah cara menulis catatan pustaka dari internet.


Bagi aku( sehabis berpengalaman menulis artikel semenjak tahun 2009), artikel eksposisi spesialnya tipe how to merupakan artikel yang sangat gampang digarap( paling utama buat menulis artikel di web). Karena kita menulis hal- hal yang bertabiat instan tanpa penjabaran tanpa analisa mendalam. Artikel yang bisa jadi agak sulit merupakan menulis definisi ilmiah, karena kita betul- betul wajib mencari literatur yang terpercaya buat meyakinkan pembaca.


Artikel Argumentasi


Artikel ini berbentuk karangan opini( komentar individu, oranisasi ataupun lembaga).


Penulisannya dilatarbelakangi oleh kritik terhadap sesuatu komentar, kondisi ataupun kebijakan. Penulis umumnya hendak memasukkan opini individu ataupun kelompoknya kedalam tulisan secara fulgar, pasti dengan informasi ataupun kenyataan yang menunjang. Sehingga pendapatnya dapat menarik sokongan dari pembaca. Aku lebih suka menjulukinya selaku artikel komentar.


Cara Penyusunan Artikel Argumentasi


Tentukan permasalahan/ tema.


Tentukan tujuan( tersurat).


Tentukan rumusan permasalahan( tersurat).


Kembangkan karangan dengan menyajikan informasi serta kenyataan buat memantapkan komentar sendiri serta pula bisa melemahkan komentar orang lain( jika terdapat).


Bagikan kesimpulan


Contoh bisa kamu baca Disini: Pemecahan Rupiah Anjlok.


Bagi aku, artikel tipe ini sangat susah ditulis( paling utama pendatang baru). Karena kita butuh mencari informasi serta kenyataan kuat- meyakinkan buat menunjang komentar kita. Disamping itu, aku kerap memandang banyak penulis pendatang baru yang meringik opininya tidak dilansir di koran ataupun pesan berita tertentu sementara itu telah mencobanya berulang kali( Aku telah membahas tentang cara menulis opini disini).


Sesungguhnya, beropini ataupun berargumen itu gampang, asal alibi kita meyakinkan. Ketentuan sukses menulis artikel argumentasi merupakan: Kamu betul- betul wajib memahami permasalahan plus BANYAK MEMBACA. Jangan hingga kita diketawai sebab terdapat data yang janggal ataupun tidak logis ataupun salah kutip ataupun kadaluarsa yang kita masukkan ke dalam artikel.


Artikel Persuasi


Artikel tipe ini populer pula dengan arikel motivasi. Karena penulisannya bertabiat membujuk alias persuasif. Efeknya bisa menggerakkan pembaca buat melaksanakan ataupun menjajaki suatu serta kebalikannya meninggalkan suatu. Aku lebih suka menjulukinya selaku artikel bujukan.


Artikel ini umumnya banyak digunakan oleh pebisnis, konsultan, agamawan, psikolog, terapis, pengambil kebijakan serta siapa saja yang mau menggiring khalayak buat ingin, rela, bersemangat, bergairah mengamini serta tidak menolak apa yang mereka tawarkan.


Cara Penyusunan Artikel Persuasi


Tentukan permasalahan/ tema.


Tentukan tujuan( tersurat).


Tentukan rumusan ilham pokok( tersurat).


Kembangkan karangan dengan menyajikan informasi serta kenyataan buat meyakinkan orang lain sehingga bisa menggerakkan pembaca buat mengerjakan kebaikan serta menghindari keburukan.


Bagikan kesimpulan


Contoh artikel persuasi bisa kamu amati bertebaran di web ini. Nyaris seluruh artikelnya bertabiat bujukan alias persuasif. Silakan baca serta resapi, salah satunya ini: Kaya Dengan Menulis.


Kita hendak betul- betul sukses menulis artikel tipe ini merupakan: Kita wajib hadapi, merasakan( ataupun sedikit hadapi/ merasakan) apa yang kita mau orang lain natural serta rasakan. Sehingga kita dapat bergairah membujuk orang buat menjajaki pesan dalam tulisan kita. Apabila kita bergairah, pembaca pula hendak bergairah membacanya. Serta harapan kita mudah- mudahan mereka tergugah serta menyetujui ajakan kita. Meski mereka tidak/ belum mempraktikkan ajakan kita, minimun mereka sepakat serta mengiyakan.


Simak


Pula: Video Bimbingan Panduan Lengkap Menulis Artikel Detil dari A– Z


Artikel SEO


Artikel SEO merupakan artikel yang diperuntukan buat memaksimalkan pencarian kata kunci di web search engine semacam gooogle. Dia tidaklah sesuatu tipe artikel tertentu. Dia merupakan artikel yang diperuntukan spesial buat menulis online di web ataupun web. Tipe artikelnya sama semacam artikel yang telah aku sebut di atas. Artikel SEO dapat berbentuk deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi ataupun persuasi. Cuma saja perlu pengaturan tertentu supaya mesin pencari, semacam google, gampang merayap serta mencirikan tema suatu web ataupun web.


Inti dari menulis artikel SEO merupakan: mempraktikkan ketentuan mesin pencari dalam menulis artikel sehingga robot perayap mesin itu gampang melacak serta merekomendasi tulisan kita tampak di taman depan hasil pencarian. Penjelasan lebih lanjut silakan baca tulisan aku yang ini: Cara Menulis Artikel SEO Friendly


2 Style Penyusunan Artikel


Sesungguhnya, masing- masing tipe artikel mempunyai 2 style penyusunan pula, terdapat yang berbentuk Fiksi serta pula terdapat yang berbentuk non fiksi. Buat lebih jelasnya silakan amati wikipedia.


Yup, demikian Panduan serta Cara Menulis Artikel yang Baik ini aku buat. Mudah- mudahan kamu dapat mengambil khasiat darinya. Serta jangan kurang ingat ajukan lamaran kamu buat jadi penulis artikel online. Amati penawarannya di: lowongan penulis artikel online. Untuk yang lolos pilih hendak aku campurkan ke dalam regu Jasa Penyusunan Artikel Bermutu( JasPetas). Ataupun kamu masih mau mendalami seluk- beluk penyusunan artikel serta tipe tulisan yang lain dengan tata cara yang DAHSYAT? Ikuti Tutorialnya di: PANDUAN MENULIS ARTIKEL HEBAT yang hendak bawa kamu menyibak pengalaman*baru* dalam menulis.( klik link buat memandang penawaran menariknya). 

You may like these posts