5 Jenis Postingan Blog Yang Harus Ada di Blog Anda

5 Jenis Postingan Blog Yang Harus Ada di Blog Anda. - Sebagai seorang penulis blog (blogger) saya mau bertanya kepada Anda sudahkah 5 jenis posting yang akan kita bahas ini ada di blog Anda?. Ada 5 tipe/jenis posting yang sering dibuat oleh para blogger di blog mereka. Dengan membaca dan memahami 5 jenis posting ini Anda akan punya banyak inspirasi untuk menulis di blog.

Apa yang saya tuliskan di artikel ini adalah hasil pengamatan saya terhadap berbagai blog populer di internet. Saya pun sudah menerapkan ke-5 jenis posting ini di blog-blog yang saya miliki.

Pastikan 5 jenis posting ini sudah ada di blog Anda ya.

5 Jenis Postingan Blog Yang Harus Ada di Blog Anda


1. Artikel Tutorial (How To)

Artikel ini adalah artikel yang bertujuan untuk memandu pembaca melakukan sesuatu. Misalkan Anda mau memandu pembaca membuat kue cupcake, maka Anda bisa membuat artikel berjudul Cara Mudah dan Praktis Membuat Cupcake.

Contoh artikel yang berjenis how to (tutorial) ini misalnya : Cara Mendatangkan Trafik Blog dari Reddit. Ketika Anda membuat artikel tutorial/panduan sebaiknya Anda menulis artikel tersebut berdasarkan pengalaman pribadi Anda. Kenapa? Karena ketika Anda menulis berdasarkan pengalaman pribadi Anda, tulisan tersebut akan menjadi lebih menarik dan unik. Hindari copy paste ketika menulis artikel tutorial/how to.


2. Artikel Wawancara

Artikel jenis wawancara ini adalah artikel yang berisi/menampilkan hasil wawancara kita dengan seseorang. Anda dapat mewawancarai orang yang berpengaruh/populer/kompeten di bidang topik blog Anda, kemudian hasil wawancara tersebut Anda sajikan kepada pembaca blog melalui artikel.

Contoh artikel saya yang berjenis wawancara misalnya : Peluang Usaha Modal Kecil Membuka Jasa Penulisan Artikel. Menyajikan konten dalam bentuk wawancara semacam ini akan sangat bagus untuk menambah variasi konten blog Anda. 

Ketika Anda menyajikan konten yang berupa hasil wawancara, Anda memberikan berbagai sudut pandang baru bagi pembaca blog Anda. Jika biasanya Anda menulis berdasarkan sudut pandang Anda, maka ketika Anda menulis artikel tipe wawancara Anda akan menulis berdasarkan sudut pandang orang lain.


3. Artikel Opini

Artikel opini artinya adalah melalui artikel tersebut Anda menyampaikan pendapat/opini Anda mengenai sesuatu. Misalkan ketika sedang ramai-ramainya pemilu presiden maka Anda bisa Anda menulis artikel yang berisi penilaian Anda terhadap calon presiden dan wakil presiden yang sedang berkompetisi. Agar opini Anda dipercaya oleh pembaca maka sajikan fakta-fakta yang mendukung opini Anda.

Selain dapat menulis artikel tentang penilaian Anda terhadap seseorang/figur, Anda juga bisa mengemukakan opini Anda terhadap suatu kejadian ataupun hal-hal yang terjadi di sekitar Anda.


4. Artikel Review

Pastikan di blog Anda juga terdapat artikel review. Yakni sebuah artikel yang ditujukan untuk me-review/menilai sesuatu. Misalkan Anda baru mencoba sebuah produk, maka Anda bisa memberikan penilaian Anda terhadap produk tersebut. Nah penilaian tersebut Anda sajikan lewat artikel. Lantas, apa bedanya artikel review dengan artikel opini?

Artikel review lebih kepada menilai sesuatu secara lebih mendalam dan menyeluruh. Kekurangan, kelebihan, nilai unik semuanya dibahas. Intinya Anda menulis berdasarkan fakta yang benar-benar jelas ada. Sementara opini terkadang masih sering dibumbui dengan subjektivitas penulis. 

Contoh artikel review ini misalnya : Buku 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Facebook. Artikel review ini cocok untuk Anda pakai di blog jika Anda bermaksud memasarkan suatu produk.


5. Artikel Berisi Inspirasi

Ini adalah salah satu jenis konten yang sangat disukai oleh para pembaca di internet. Ketika membaca artikel yang menginspirasi kita biasanya akan termotivasi dan menjadi memiliki mood yang positif. Oleh karena itu sajikan lah secara rutin artikel-artikel yang menginspirasi di blog Anda. Pelajari cara mudah menulis artikel yang inspiratif di blog.


Selamat menulis dan mari berkreasi!

You may like these posts