3 Jalur Penerbitan Buku Yang Harus Anda Ketahui

3 Jalur Penerbitan Buku Yang Harus Anda Ketahui. - Sebagai penulis tentu saja kita ingin menerbitkan karya-karya kita. Ketika karya-karya kita terbit, tentu saja karya tulis kita dapat dinikmati oleh publik. Bagi sebagian penulis, belum afdol rasanya kalau sudah menulis tetapi tulisan tersebut belum diterbitkan. Nah di artikel kali ini saya akan mengupas tentang 3 jalur penerbitan yang perlu Anda ketahui apabila Anda ingin menerbitkan karya Anda dalam bentuk buku.

Salah satu pembelajaran yang paling penting untuk diketahui penulis pemula adalah mengenai jalur penerbitan sebuah karya tulis. Dengan mengetahui 3 jalur penerbitan ini, penulis pemula dapat lebih mudah untuk menerbitkan buku mereka.

Tanpa pemahaman tentang jalur penerbitan, seorang penulis yang masih pemula biasanya akan terus pusing memikirkan bagaimana supaya naskah bukunya bisa terbit.

Inilah 3 jalur penerbitan yang dapat kita gunakan untuk menerbitkan sebuah buku.

3 Jalur Penerbitan Buku Yang Harus Anda Ketahui


1. Jalur Penerbitan Penerbit Mayor

Ini adalah jalur penerbitan buku yang paling mainstream, paling umum dan paling dituju oleh para penulis.

Menerbitkan buku melalui jalur penerbitan mayor artinya kita menerbitkan sebuah buku lewat penerbit-penerbit besar (mayor). Contoh penerbit mayor misalnya :

  • Gramedia Pustaka Utama;
  • Elex Media Komputindo;
  • Bentang Pustaka;
  • GagasMedia;
  • Bukune;
  • Andi Publisher;

Buku terbitan penerbit mayor ini biasanya dapat dengan mudah kita jumpai di toko-toko buku terkemuka di Indonesia.

Nah menerbitkan buku melalui penerbit mayor ini punya kekurangan dan kelebihan.


Kekurangannya :

  • Naskah buku kita belum tentu terbit, karena kelak naskah yang diajukan ke penerbit mayor masih harus diseleksi oleh editor.
  • Proses terbit sebuah naskah bisa relatif lebih lama bila dibanding dengan penerbitan secara indie. Mengapa? Karena naskah yang diajukan ke penerbit mayor itu cukup banyak dan kita terkadang harus “bersaing” dengan puluhan atau bahkan ratusan penulis lain.

Kelebihannya : 

  • Gratis. Ya betul, kita sebagai penulis sama sekali tidak perlu mengeluarkan kocek dari kantong. Semua proses penerbitan, mulai dari mengedit naskah, me-layout naskah, perwajahan kover, pencetakan naskah semua biayanya akan ditanggung oleh pihak penerbit.
  • Jalur distribusi buku yang luas. Jika kita menerbitkan buku melalui penerbit mayor semisal Elex Media, Gramedia Pustaka Utama, maka ketika buku kita terbit buku tersebut akan beredar luas, bahkan ke seluruh Indonesia. Penerbit-penerbit mayor punya jaringan distribusi yang luas.

Jika Anda ingin mengetahui “resep sukses” menembus penerbit mayor maka silakan tonton video berikut ini.


2. Jalur Penerbitan Self Publishing

Self publishing artinya kita sebagai penulis juga akan berperan sebagai penerbit. Sebagai penulis kita akan bertugas untuk menyajikan sebuah naskah yang akan diterbitkan.

Sementara sebagai penerbit, kita akan bekerja sama dengan editor, layouter, dan desainer untuk menerbitkan buku kita. Untuk Anda yang ingin membangun jalur penerbitan self publishing maka Anda harus bekerja sama dengan editor, desainer dan layouter, lalu selanjutnya Anda dan tim Anda tadi membangun sebuah badan usaha.

Nah badan usaha itulah yang kelak akan jadi semacam penerbit bagi karya-karya Anda. Satu ciri khas dari self publishing ini adalah penerbit yang Anda bentuk hanya boleh menerbitkan karya Anda. Intinya, selain jadi penulis Anda juga akan jadi penerbit.

Contoh penulis yang pernah berhasil dengan sistem penerbitan semacam ini adalah Dewi “Dee” Lestari (penulis novel Perahu Kertas).


3. Jalur Penerbitan Publishing Service

Apa itu publishing service?

Publishing service adalah perusahaan yang menyediakan jasa penerbitan buku. Ketika kita menerbitkan buku melalui jalur penerbitan publishing service maka kita akan membayar sebuah perusahaan penerbitan untuk menerbitkan buku kita.

Publishing service ini adalah sebuah perusahaan yang tediri dari editor, layouter, desainer dan orang-orang yang siap membantu Anda menerbitkan buku. Anda tinggal membayar mereka maka mereka akan mengurus segala keperluan dalam menerbitkan naskah buku Anda. 

Mulai dari perwajahan cover, editing naskah, layout naskah, pencetakan naskah, akan dibantu oleh pihak publishing service.Tentu saja pihak publishing service sudah punya harga untuk setiap layanan yang mereka tawarkan.

Anda dapat mencari penyedia layanan publishing service melalui Google dengan menggunakan kata kunci “jasa penerbitan buku”.

Nah, itulah 3 jalur yang dapat kita tempuh dalam menerbitkan sebuah buku. Mengenai pilihan terbaik, tentu saja setiap jalur penerbitan punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Semoga bermanfaat dan bantu share info bermanfaat ini ya.

You may like these posts