5 Peluang Usaha Peternakan Yang Mudah Di Jalankan

5 Peluang Usaha Peternakan Yang Mudah Di Jalankan. - Peluang usaha peternakan seakan-akan menjadi sebuah usaha yang sulit untuk dijalankan. Padahal tidak selalu demikian. Keuntungan yang diperoleh ketika usaha peternakan justru melimpah dan jangka panjang. 

Usaha peternakan bisa memperoleh keuntungan dengan berjualan hasil ternak ataupun olahan ternak tersebut. Selain itu dari usaha peternakan tidak jarang bisa berkembang menjadi usaha makanan atau minuman dari ternak yang dilakukan. 

Selain itu usaha peternakan tidak selalu memerlukan lokasi yang besar. Tergantung jenis hewan yang diternakkan. Jenis Usaha Ternak yang Mudah Dilakukan Dan Di Jalankan

Apa saja jenis usaha ternak yang mudah dilakukan? ada banyak jenis usaha ternak yang bisa dilakukan. Setidaknya ada 5 peluang usaha peternakan yang bisa mungkin bisa dipraktikkan, yaitu :

Peluang Usaha Peternakan Yang Mudah Di Jalankan


1. Peternakan Sapi Perah. 

Bisa juga memilih usaha penggemukan sapi. Jika usaha peternakan sapi perah, Anda bisa memanfaatkan susu yang dihasilkan. Tentu saja perlu bekerja sama dengan para pemasok susu segar. Sementara usaha penggemukan anak sapi, bisa memperoleh keuntungan jangka panjang. Misalnya pada lebaran haji, usaha sapi akan memberikan keuntungan. Atau saat musim orang menikah, sunatan dan sebagainya.


2. Peternakan Kelinci. 

Hewan imut satu ini, semakin banyak yang meminatinya. Konsumsi sate kelinci juga banyak sehingga tidak ada salahnya mencoba ternak kelinci. Apalagi makanannya juga relatif mudah.


3. Peternakan ayam kampung dan ayam petelur. 

Jika ingin lebih mudah perawatannya tentu saja ayam kampung. Bisa diberi makan apa saja dan cenderung tidak mudah stress. Sementara ayam petelur harus memiliki lahan atau kandang yang sebaiknya jauh dari keramaian sehingga tidak stress dan tidak mau bertelur.


4. Peternakan Kambing. 

Sepertihalnya sapi, kambing juga akan memberikan keuntungan jangka panjang. Banyak dicari saat musim lebaran haji untuk hewan kurban. Selain itu di hari biasa banyak digunakan oleh para pedagang sate kambing.


5. Peternakan lele. 

Lele juga sangat mudah diternakkan. Selain itu untuk menernak lele tidak harus memiliki lahan di tanah atau semen yang luas. Bisa juga membuat usaha ternak lele dengan memanfaatkan terpal atau drum yang tidak membutuhkan lahan yang luas.


Keuntungan Usaha Ternak

Apakah Anda masih ragu untuk memulai usaha peternakan? Masih meragukan keuntungan yang diperoleh ketika membuka usaha peternakan? Sebenarnya tidak ada yang perlu diragukan lagi. Pasalnya usaha peternakan bisa menguntungkan dalan jangka panjang. Usaha peternakan termasuk investasi yang menguntungkan selama bisa merawatnya dengan baik. Setidaknya ada beberapa manfaat yang diperoleh dengan bisnis peternakan, yaitu :


1. Memperoleh keuntungan dengan menjual hewan ternak. 

Misalnya ternak yang sudah berlimpah bisa dikurangi dengan menjualnya. Apalagi untuk waktu-waktu tertentu biasanya harganya sangat tinggi salah satunya saat musim lebaran haji karena banyak yang mencari hewan kurban.


2. Bisa memenuhi kebutuhan daging. 

Baik kebutuhan daging untuk diri sendiri maupun dijual. Pasalnya ada banyak jenis usaha kuliner yang membutuhkan daging. Mulai dari sate kelinci, sate kambing, sate ayam, soto, gulai, rendang, iga sapi, rujak cingur, sop buntut dan sebagainya.


3. Kotoran hewan ternak digunakan untuk pupuk. 

Anda bisa mencoba membuat untuk tanaman sendiri atau dijual karena banyak juga petani yang membutuhkan pupuk kandang. Selain itu kotoran hewan ternak bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif atau biogas.

Nah, dengan berbagai rincian keuntungan yang diperoleh melalui usaha peternakan kemudian sebelumnya juga ada peluang usaha peternakan yang bisa dicoba semoga bisa menambah keyakinan Anda untuk memulai usaha.


Untuk menambah wawasan tentang aneka peluang usaha, silahkan baca juga artikel tentang 10 peluang usaha makanan dan minuman terbaru. Beberapa usaha mudah memulainya dengan modal kecil dan menguntungkan

You may like these posts