2 Kebiasaan Mudah Yang Bisa Meningkatkan Karir Seorang Karyawan

Kebiasaan Mudah Yang Bisa Meningkatkan Karir Seorang Karyawan. - Sukses jangka panjang itu bermula dari tindakan sukses yang dilakukan setiap hari. Tidak ada kesuksesan yang didapat secara instant. Tindakan kecil yang Anda lakukan secara rutin, akan mendatangkan kesuksesan jangka panjang. 

Termasuk dalam hal ini, jika Anda berprofesi sebagai seorang karyawan. Ada 2 kebiasaan sederhana yang jika Anda lakukan secara rutin bisa mendatangkan kesuksesan karir Anda.Kebiasaan itu adalah :

Kebiasaan Mudah Yang Bisa Meningkatkan Karir Seorang Karyawan


1. Disiplin Terhadap Waktu Anda

Hal yang paling disukai atasan adalah jika seorang karyawan menghargai waktunya. Karyawan yang baik akan datang sebelum jam kerja. Ia mempersiapkan diri sebelum jam kerja agenda apa saja yang harus dilakukan pada hari itu. Jika jam kerja Anda dimulai pkl 08.00 pagi, maka datanglah pkl 07.30. Selama setengah jam itu, persiapkan apa saja yang akan Anda lakukan sepanjang hari itu.

Karyawan yang baik akan memanfaatkan waktu sepanjang jam kerja benar-benar untuk kerja yang produktif. Ia tidak akan menyia-nyiakan waktu hanya untuk ngobrol, jalan-jalan di kantor, merokok, mengulur waktu makan, mencuri kesempatan, dan hal lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan tugasnya.

Anda harus sadar bahwa seorang pimpinan selalu berorientasi pada hasil. Pimpinan akan melihat apa saja hasil kerja Anda hari ini. Jika Anda tidak memanfaatkan waktu Anda sebaik-baikinya, hasil yang berikan kepada perusahaan pasti tidak optimal. 

Dan pimpinan pasti tahu akan hal ini. Bagaimana mungkin Anda bisa naik gaji atau dipromosikan jika hasil yang Anda berikan untuk perusahaan tidak memuaskan. Karyawan yang baik adalah ia yang tidak pulang tepat waktu, melainkan pulang melebihi waktu kerja. 

Jika jam kerja Anda adalah pkl 04.00 sore, maka pulanglah pkl. 04.30 sore atau lebih. Saat Anda akan pulang, pasti beberapa menit Anda siapkan untuk persiapan pulang. Jangan mengambil waktu kerja untuk mempersiapkan kepulangan Anda, sehingga produktivitas Anda tidak terganggu. Bayangkan jika setiap hari Anda menyita 15 menit waktu kerja hanya untuk persiapan pulang, berapa waktu Anda sia-siakan dalam 1 tahun ? Dan yang pasti, pimpinan tidak suka akan hal ini.

Pulang kerja melebihi jam kantor akan membuat pimpinan Anda senang. Tindakan seperti itu mencerminkan kesungguhan dan kecintaan Anda pada perusahaan. Anda bisa memanfaatkan waktu lebih tersebut untuk menyelesaikan tugas yang belum selesai. Anda juga bisa menulis agenda apa yang perlu Anda lakukan esok harinya.

Jadi, kebiasaan mudah yang bisa Anda lakukan mulai besok adalah datang lebih awal, gunakan waktu kerja benar-benar untuk kerja, dan pulanglah lebih akhir. Inilah kebiasaan para karyawan teladan yang berpotensi melejitkan karir


2. Mintalah Tanggung Jawab Lebih, dan Selesaikan Lebih Baik

Kebiasaan yang kedua agar Anda cepat naik gaji dan dipromosikan adalah mintalah tanggung jawab lebih dan selesaikan dengan lebih baik.Apa tanggung jawab Anda saat ini ? Selesaikan dengan baik tanggung jawab itu, dan secara proaktif mintalah tanggung jawab yang lebih besar kepada pimpinan Anda. 

Katakan kepada pimpinan Anda bahwa Anda senang dengan pekerjaan Anda sekarang ini, Anda sudah selesaikan, dan Anda ingin tanggung jawab lebih besar lagi. Ingat, yang Anda minta tanggung jawab, bukan minta kenaikan gaji. Kenaikan gaji akan mengikuti dengan sendirinya, jika Anda benar-benar layak.

Setelah Anda minta tanggung jawab baru yang lebih besar dan Anda benar-benar diberi tanggung jawab baru tersebut, maka selesaikan tanggung jawab Anda . Lakukan tugas tersebut dengan lebih baik dari apa yang diminta pimpinan. Atau lakukan tugas Anda tersebut lebih baik dari apa yang sudah karyawan lain lakukan.

Jika Anda sudah menyelesaikan tugas atau tanggung jawab baru tersebut, mintalah lagi ke pimpinan Anda tugas dan tanggung jawab baru lagi. Dan lakukan tugas baru yang kedua tersebut dengan lebih baik lagi. Setelah selesai tugas tersebut, mintalah tugas baru lagi. Begitu seterusnya.

Kebiasaan ini akan membangun citra diri Anda sebagai orang yang bertanggung jawab dan layak dipercaya, baik dihadapan pimpinan maupun sesama karyawan. Inilah sebenarnya modal utama untuk sukses sebagai karyawan. Kalau sudah seperti ini citra diri Anda, pimpinan perusahaan mana yang tidak akan menaikkan gaji dan jabatan Anda ?

Itulah dua jenis kebiasaan seorang karyawan yang layak naik gaji dan dipromosikan. Seorang karyawan yang baik adalah memberikan yang terbaik yang ia bisa kepada perusahaan dahulu, baru setelah itu secara otomatis perusahaan akan memberikan imbal balik yang layak. Sayangnya banyak karyawan yang bersikap sebaliknya, minta fasilitas dulu sebelum berprestasi. Akhirnya, ia tidak akan mendapatkan apa-apa.


Bagaimana pendapat Anda ?

You may like these posts